tampil cantik dan mempesona

Senin, 25 Juli 2016

10 Obat ampuh atasi jerawat

Tidak ada komentar :

Mengatasi jerawat membandel memang sering membuat kita geram, sudah coba berbagai obat dan cara namun jerawat masih  juga kembali dan kembali lagi. yah, memang dalam memahami kasus ini bukan perkara mudah banyak hal yang harus di cermati mulai dari jenis kulit yang kita milik hingga pola hidup kita juga harus kita perhatikan.

beberapa hal yang sering kali memicu terjadinya jerawat antara lain:

 -stress
 -perawatan kulit sembarangan
 -penggunaan produk kosmetik yang berbasi minyak
 -paparan sinar matahari berlebihan

Masalah diatas memang sangat menyiksa kulit anda sehingga memberi peluang pada Propionibacterium acnes (bakteri penyebab jerawat) untuk tumbuh dengan subur dikulit anda, namun anda jangan khawatir yang terpenting untuk mengatsi masalah ini adalah selalu jaga kebersihan kulit anda terutama sebelum anda beranjak tidur, ini penting sekali namun sering terlupakan karena berbagai alasan yang akhirnya kebanyakan kita akan langsung tertidur dan melupakan kebersihan kulit kita.

berikut beberapa bahan yang sangat membantu mengatasi jerawat anda:

 1. Cuka Apel

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang terkandung dalam cuka apel sangat membantu menghambat dan mengatasi Propionibacterium acnes untuk berkembang biak dikulit anda, selain itu cuka apel juga sangat membantu dalam menyeimbangkan PH pada kulit anda.

caranya:
Encerkan satu sendok teh Cuka Apel dengan segelas air lalu usapkan campuran itu pada area yang terinfeksi oleh jerawat dan biarkan kurang lebih 10 menit kemudian bilas hingga bersih, lakukan hingga sembuh.

anda juga bisa meminum Cuka Apel ini untuk menjaga kesehatan kulit anda.

 2. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh ini juga memiliki kandungan anti inflamsai dan anti baktri, sehingga ia juga bisa membantu menangani Propionibacterium acnes.

caranya :
campuran 4 atau 5 tetes minyak pohon teh dalam 1 sendok teh madu. Oleskan pada daerah yang terkena. Memungkinkan untuk duduk selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air. Ulangi sekali sehari.

 3. Borax

Mungkin anda sedikit terkejut, tapi memang ini benar boraks memiliki sifat anti inflamasi yang dipercaya mampu mengendalikan dan mengatasi bakteri penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh bakteri.

caranya:
    Masukan ½ sendok teh bubuk boraks dalam mangkuk.
    Campuran dalam 1 sendok teh gliserin dan sedikit air untuk membentuk pasta.
    Oleskan pasta pada punggung Anda di mana Anda memiliki jerawat.
    Biarkan hingga kering benar.
    Bilas pasta kering dengan air hangat, percikan daerah dengan air dingin dan handuk kering kulit.
    Ulangi 1 atau 2 kali sehari.

 4. Madu

Madu memang miliki sejuta manfaat, dan ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi jerwat membandel yang menginfeksi kulit anda. kandungan antibiotik dan antibakteri yang terdapat dalam madu sangat bermanfaat untuk kulit anda, selain itu madu juga memiliki sifat menenangkan pada kulit anda.

caranya:
oleskan madu pada area yang terinfeksi jerawat biarkan sekitar 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat, ulangi 2-3x sehari dan lakukan hingga sembuh.

 5. Kunyit

Kunyit memang merupakan salah satu bahan alam antiseptik yang sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita sejak dulu.

Sebuah studi menyebutkan Kunyit mengandung senyawa yang bernama "curcumin" yang merupakan zat aktif antimikroba.

caranya:
ambil kunyit secukupnya (2-3 sendok teh jika itu kunyit berbentuk bubuk) lalu haluskan, campur kunyit tersebut dengan minyak wijen. oleskan campuran tersebut pada area yang terinfeksi jerwat biarkan kira kira 1jam, lalu bilas hingga bersih.

anda juga bisa meminum sari kunyit untuk membatu pengobatan dari dalam.

 6. Lidah buaya (Aloe Vera)

Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology menyoroti sifat obat lidah buaya, seperti anti-inflamasi, antibakteri, antiseptik dan antimikroba. Penelitian ini juga mengatakan bahwa lidah buaya memiliki efek anti-jerawat.

caranya:

potong lidah buaya (Aloe Vera) kemudian ambil gel yang ada pada potongan tersebut. oleskan pada area yang terinfeksi jerawat,biarkan kurang lebih 10-15 menit. lakukan secara rutin hingga sembuh.

 7. Lemon

Lemon juga memilik zat antibakteri yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati jerawat membandel anda,
selain itu Lemon juga dipercaya membantu membersihkan sel-sel kulit mati.

caranya:
potong Lemon lalu gosokan dengan gerakan melingkar pada area yang terinfeksi jerawat, biarkan 10-15 menit lalu bersihkan

tapi ini tidak di anjurkan untuk kulit sensitif.

 8. Teh Hijau

Senyawa Katekin yang terdapat pada teh hijau dipercaya memiliki sifat antibakteri yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat membandel anda, selain itu teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang akan membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat.

caranya:
Seduh teh hijau seperti biasanya seperti ketika anda membuat minuman namun jangan pake gula, lalu oleskan air teh tersebut dengan kapas pada area yang terinfeksi. biarkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih, lakukan hingga sembuh.

 9. Oatmeal

Sebuah studi Dermatology menyebutkan, Oatmeal memiliki zat antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit inflamasi pada kulit termasuk jerawat.

caranya:
Larutkan satu sendok Oatmeal dengan sedikit air hingga bebentuk pasta lalu oleskan campuran tersebut pada area yang terinfeksi, biarkan 10-15 menit setelah itu bersihkan air hangat. gunakan ini 1-2x seminggu.

 10. Tomat

Asam salisilat yang tedapat pada Tomat terbukti efektif mengatasi jerawat, Bahkan, hal ini membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Plus, sifat anti-inflamasi membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan umumnya terkait dengan jerawat.

caranya:
potong sebuah tomat lalu gosokan dengan lembut pada area yang terinfeksi, biarkan 10-15 menit. bilas dengan air hangat

Sekarang anda bisa memilih bahan mana yang mudah untuk anda dapatkan untuk mengobati jerawat yang menginfeksi kulit anda.

semoga bermanfaat

Tidak ada komentar :

Posting Komentar